1. Jelaskan bagaimana
hubungan E-commerce terhadap supply chain management?
Dengan E-commerce, terutama yang jenis Bussiness to Bussiness,
rantai pasokan bahan baku dapat dimonitor dan dikendalikan dengan menggunakan
internet. Perusahaan tidak perlu lagi repot-repot bertemu secara langsung
dengan pemasok ataupun sebaliknya pemasok yang ingin mengetahui akan kebutuhan
bahan baku perusahaan-perusahaan mitranya harus pergi menuju gudang persedian
perusahaan tersebut. Hal tersebut dapat menjadi solusi untuk mengurangi waktu
dan biaya transportasi yang harus dikeluarkan jika tidak menggunakan
e-commerce. Dalam kaitan antara kerduanya E-commerce sangat membantu di dalam
Supply Chain Management. Supply Chain Management yang mempunyai masalah dalam
tersedianya bahan secara JIT (Just In Time) karena mungkin ada masalah
operasional terhadap waktu pengiriman dan waktu kedatangan bahan dapat diatasi
dan dikurangi dengan adanya sistem e-commerce yang terintegrasi dengan baik.
Supply chain management mempunyai peranan penting dalam stabilitas usaha di
suatu perusahaan karena tanpa adanya pasokan bahan baku dalam jumlah dan waktu
yang kurang tepat, kegiatan operasional perusahaan tidak akan berjalan
dengan lancar. Dengan adanya JIT tadi maka perusahaan dapat beroperasi secara
efektif dan efisien sehingga dapat dikatakan perusahaan berada dalam kapasitas
produksi maksimal.
2.
Jelaskan bagaimana E-commerce dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan
kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitas pelanggan
Mengurangi siklus waktu:
Dengan e-commerce segalanya dapat dijalankan lebih cepat karena semua hubungan
antara perusahaan dengan pemasok, pelanggan dan mitra kerja serba terintegrasi
melalui sebuah sistem otomatis yang menggunakan internet. Jadi tidak ada
pertemuan secara langsung karena kedua belah pihak bertemu hanya di dalam dunia
maya sehinga hal inilah yang membuat e-commerce dapat mengurangi siklus waktu
Meningkatkan kinerja karyawan: Adanya sistem e-commerce yang terintegrasi membuat karyawan dapat
mengerjakan tugas yang diberikan oleh atasannya secara langsung tanpa harus
bertemu langsung. Jadi karyawan dapat mengerjakan tugas itu dimana saja ia
berada asal masih ada jaringan internet yang menghubungkannya. Makin
berkembangnya waktu maka teknologi e-commerce semakin maju juga sehingga
memaksa karyawan untuk terus belajar dan berkembang untuk beradaptasi terhadap
era globalisasi ini. E-commerce memberikan kemudahan dan kecepatan dalam
menyelesaikan tugas yang di berikan oleh atasan sehingga dapat dikatakan
e-commerce dapat meningkatkan kinerja karyawan
Memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan: E-commerce memudahkan transaksi pelanggan mulai dari mencari
spesifikasi, jenis, merk, warna dan memilih barang yang diinginkan, menawar
harga barang tersebut, dan hingga memilih metode pembayaran yang diinginkan.
Pelanggan tidak ada masalah terhadap kesibukannya yang mengakibatkan tidak ada
waktu untuk pergi ke toko membeli barang tetapi pelanggan dapat berbelanja
kapan dan dimanapun dia mau. Pelanggan juga terlindung dari privasi mereka jika
mereka merasa malu jika membeli langsung karena berhadapan dengan orang.
Failitas yang terdapat dalam e-commerce memberikan kenyamanan dan kemudahan
bagi pelanggan.
3. Bandingkan antara
“marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan
masing-masing!
Marketplaces adalah
tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli
barang atau jasa secara langsung. Marketspaces adalah tempat
bertemunya penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli barang atau
jasa menggunakan media elektronik yaitu komputer yang terhubung dengan
internet. Terdapat perbedaan antara keduanya yaitu:
- Konsumen dapat melihat kondisi dan mengetahui barang atau jasa yang di jual secara langsung.
- Konsumen dan penjual dapat melakukan komunikasi secara langsung sehingga tidak dapat menemukan ketidakjelasan atau ambiguitas.
- Image positif terhadap perusahaan karena dapat menunjukkan pelayanan dan kualitas barang secara langsung.
- Kurang efektif dalam transaksi karena perlu banyak tempat dan waktu.
- Harus bertemu secara langsung dan tidak bisa jarak jauh
- Penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi di tempat yang berbeda tanpa harus bertemu langsung
- Dapat melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja.
- Efisien dilihat dari dari segi biaya, waktu dan tenaga kerja yang digunakan.
- Sistem keamanan masih diragukan bagi sebagian konsumen awam dan internet pemula
- Terdapat kemungkinan adanya hacker yang merusak dan merugikan ketika melakukan transaksi online.
1 komentar:
GOod..
Posting Komentar