content bg

TUGAS E_COMERCCE


1.      Jelaskan bagaimana hubungan E-commerce terhadap supply chain management?
Dengan E-commerce, terutama yang jenis Bussiness to Bussiness, rantai pasokan bahan baku dapat dimonitor dan dikendalikan dengan menggunakan internet. Perusahaan tidak perlu lagi repot-repot bertemu secara langsung dengan pemasok ataupun sebaliknya pemasok yang ingin mengetahui akan kebutuhan bahan baku perusahaan-perusahaan mitranya harus pergi menuju gudang persedian perusahaan tersebut. Hal tersebut dapat menjadi solusi untuk mengurangi waktu dan biaya transportasi yang harus dikeluarkan jika tidak menggunakan e-commerce. Dalam kaitan antara kerduanya E-commerce sangat membantu di dalam Supply Chain Management. Supply Chain Management yang mempunyai masalah dalam tersedianya bahan secara JIT (Just In Time) karena mungkin ada masalah operasional terhadap waktu pengiriman dan waktu kedatangan bahan dapat diatasi dan dikurangi dengan adanya sistem e-commerce yang terintegrasi dengan baik. Supply chain management mempunyai peranan penting dalam stabilitas usaha di suatu perusahaan karena tanpa adanya pasokan bahan baku dalam jumlah dan waktu yang kurang tepat, kegiatan operasional perusahaan  tidak akan berjalan dengan lancar. Dengan adanya JIT tadi maka perusahaan dapat beroperasi secara efektif dan efisien sehingga dapat dikatakan perusahaan berada dalam kapasitas produksi maksimal.
2.      Jelaskan bagaimana E-commerce dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitas pelanggan
Mengurangi siklus waktu: Dengan e-commerce segalanya dapat dijalankan lebih cepat karena semua hubungan antara perusahaan dengan pemasok, pelanggan dan mitra kerja serba terintegrasi melalui sebuah sistem otomatis yang menggunakan internet. Jadi tidak ada pertemuan secara langsung karena kedua belah pihak bertemu hanya di dalam dunia maya sehinga hal inilah yang membuat e-commerce dapat mengurangi siklus waktu
Meningkatkan kinerja karyawan: Adanya sistem e-commerce yang terintegrasi membuat karyawan dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh atasannya secara langsung tanpa harus bertemu langsung. Jadi karyawan dapat mengerjakan tugas itu dimana saja ia berada asal masih ada jaringan internet yang menghubungkannya. Makin berkembangnya waktu maka teknologi e-commerce semakin maju juga sehingga memaksa karyawan untuk terus belajar dan berkembang untuk beradaptasi terhadap era globalisasi ini. E-commerce memberikan kemudahan dan kecepatan dalam menyelesaikan tugas yang di berikan oleh atasan sehingga dapat dikatakan e-commerce dapat meningkatkan kinerja karyawan
Memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan: E-commerce memudahkan transaksi pelanggan mulai dari mencari spesifikasi, jenis, merk, warna dan memilih barang yang diinginkan, menawar harga barang tersebut, dan hingga memilih metode pembayaran yang diinginkan. Pelanggan tidak ada masalah terhadap kesibukannya yang mengakibatkan tidak ada waktu untuk pergi ke toko membeli barang tetapi pelanggan dapat berbelanja kapan dan dimanapun dia mau. Pelanggan juga terlindung dari privasi mereka jika mereka merasa malu jika membeli langsung karena berhadapan dengan orang. Failitas yang terdapat dalam e-commerce memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan.

3.      Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing!
Marketplaces adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli barang atau jasa secara langsung. Marketspaces adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli barang atau jasa menggunakan media elektronik yaitu komputer yang terhubung dengan internet. Terdapat perbedaan antara keduanya yaitu:

Keunggulan Marketplaces:
  • Konsumen dapat melihat kondisi dan mengetahui barang atau jasa yang di jual secara langsung.
  • Konsumen dan penjual dapat melakukan komunikasi secara langsung sehingga tidak dapat menemukan ketidakjelasan atau ambiguitas.
  • Image positif terhadap perusahaan karena dapat menunjukkan pelayanan dan kualitas barang secara langsung.
Keterbatasan Marketplaces:
  • Kurang efektif dalam transaksi karena perlu banyak tempat dan waktu.
  • Harus bertemu secara langsung dan tidak bisa jarak jauh
Keunggulan Marketspaces:
  • Penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi di tempat yang berbeda tanpa harus bertemu langsung
  • Dapat melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja.
  • Efisien dilihat dari dari segi biaya, waktu dan tenaga kerja yang digunakan.
Keterbatasan Marketspaces:
  • Sistem keamanan masih diragukan bagi sebagian konsumen awam dan internet pemula
  • Terdapat kemungkinan adanya hacker yang merusak dan merugikan ketika melakukan transaksi online.
4.KARAKTERISTIK DARI B2B,B2C,C2C
B2C memiliki karakteristik sebagai berikut: antar organisasi dengan perorangan; nilai uang yang dilibatkan lebih kecil;transaksi satu-waktu atau transaksi tidak sering terjadi; secara relatif sederhana. B2B (Business to business), B2G (Business to government), B2E (Business to education). Memiliki karakteristik sebagai berikut: antar organisasi; nilai uang dilibatkan lebih besar;

1 komentar:

Unknown mengatakan...

GOod..

Posting Komentar